top of page

PERBEDAAN SIMPLE FUTURE TENSE DAN FUTURE PERFECT TENSE



Halo semuanya, apa kabar? Semoga kalian sehat walafiat ya, maaf banget aku baru sempet update lagi karena akhir-akhir ini aku lagi sibuk banget, banyak kerjaan yang nggak bisa aku tinggal. Btw berhubungan ini sedang bulan puasa, aku mau ucapin selamat menunaikan ibadah puasa ya buat kalian yang menjalankan, semoga puasanya lancer, amiiin. Baiklah kalau gitu, yuk kita lanjut belajarnya.

Kali ini kita akan belajar simple future tense dan future perfect tense, ada yang tau nggak ni? Hehe dari kata future itu sendiri kan artinya masa depan berarti artinya yaitu kamu, eh heheheheheh, candaaaaa, bukan gitu maksudnya. Jadi gini, kita bahas yang simple future tense dulu yah, jadi simple future tense adalah bentuk tenses untuk menunjukan suatu peristiwa yang belum dimulai dan baru akan terjadi di masa yang akan datang. Terus fungsinya apa kak? Jadi fungsi simple future tense yaitu untuk mengekspresikan keinginan, harapan, atau aksi yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Gimana? Pahamkan? Apa udah paham tapi belum banget? Simak rumus dan contoh dibawah ini ya!


Rumus

Subject + will/shall + v1 + object atau subect + to be ( am/is/are) + going to + v1 + object

Contoh:

+ We shall go now

- we shall not go now

? shall we go now?

+ I will always love you

- I will not always love you

? will I always love you?

+ I am going to eat this cakes

- I am not going to eat this cakes

? am I going to eat this cake?


kok itu pake to be + going to kak? well, emang kalo dalam bahasa inggris pakai to be + going to bisa juga untuk simple future kok, satu makna nggak harus sama kan? Gimana? sudah bisa dipahami kan? Kalau sudah paham selanjutnya kita belajar future perfect tense yah.


Ada yang tau nggak ni apa itu future perfect tense? Saudaranya simple future tense kak!, hahaha iya si masih sodaraan Cuma maksud aku bukan itu, pengertianya dan penggunaanya maksudnya hehe, baiklah jadi kalau future perfect tense adalah tense yang digunakan untuk mengekspresikan aksi yang dimulai dari masa lampau dan selesai pada masa yang akan datang.

Nah, dalam future perfect tense juga ada nominal dan verbal, hah maksudnya gimana? Nggak usah bungung, Biar lebih jelas lagu simak rumus dan contohnya yah.


Rumus

Nominal

Subject + will + have been+ v3 + complement


Contoh

+ I will have been there by this morning

- I will not have been there by this morning

? will I have been there by this morning?

+ I will have been a week on Tuesday in here

- I will not have been a week on Tuesday in here

? will I have been a week on Tuesday in here?

Verbal

Subject + will + have + v3 + complement

+ she will have graduated in January

- She will not have graduated in January

? will she have graduated in January?

+ they will have gone from that house tomorrow

- they will not have gone from that house tomorrow

? will they have gone from that house tomorrow?


Nah, setelah belajar simple future dan future perfect kesimpulan kalian apa? Dan menurut kalian fungsi dan kegunaan tense ini untuk apa aja si? Aku tunggu jawaban kalian di email yah!

Itulah pembahasan kali ini, kalian sudah pahamkan? Semoga sudah ya dan bagi yang belum bisa email aku aja, akan aku balas kok tentunya berkaitan dengan Bahasa inggris yah. Semoga bermanfaat dan terus belajar ya. Salam sehat semuanya.





Comments


Hi, thanks for stopping by!

I'm a paragraph. Click here to add your own text and edit me. I’m a great place for you to tell a story and let your users know a little more about you.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
bottom of page