top of page

Kata kerja Transitif dan Intransitif



Dalam Bahasa inggris tentunya wajib ya untuk belajar grammar. akan tetapi, selain belajar grammar ada hal lain dalam Bahasa inggris yang harus kita pelajari. salah satunya yaitu kata kerja transitif dan kata kerja intransitif.

Kak, kata kerja transitif dan intransitif itu apa si?, kamue nanyea? Kamue nanyea apa itu kata kerja transitif dan intransitif? aku kasih tau yea, kata kerja transitif dan intransitif merupakan kata kerja yang dapat digunakan didalam satu kalimat.


Kata kerja transitif

Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek dalam kalimatnya. Strukturnya itu sendiri yaitu subjek – predikat – objek. Wah kok sama kaya Bahasa Indonesia? Yup betul, dalam Bahasa inggris pun kata kerja transitif tetap memerlukan objek.

Apa fungsi kata kerja transitif dalam Bahasa inggris? Fungsi utamanya yaitu menerangkan suatu objek dan kenapa kata kerja transitif selalu diikuti dengan objek? karena agar memiliki makna yang utuh, jika kata kerja tidak diikuti dengan object makan bukan kata kerja transitif melainkan kata kerja intransitif.

Contoh:

Aktif ; My mother makes apple juice

Pasif ; Apple juice made by my mother

Aktif : The reporter read news reports

Pasif ; News report read by the reporter

Aktif ; The students have already discussed the task

Pasif ; The task have been discussed by the students



kata kerja intrasitif

Kata kerja intansitif adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek dalam kalimatnya. Namun, meski tanpa diikuti suatu objek dibelakangnya, kalimat tersebut masih mempunya makna. Simpelnya, kata kerja yang bisa berdiri sendiri, ih serem bisa berdiri sendiri. Bukan gitu maksudnya lah.

Fungsi kata kerja intransitif yaitu sebagai predikat kalimat dasar. Dan seringnya dalam bentuk aktif. Meski tidak memnggunakan pelengkap atau keterangan di dalamnya.

Contoh:

It is raining.

When he finished the race, he barfed.

Water evaporates when it’s hot.

He’s been singing all day.

You’ve grown since I last saw you.

They run.

He died.

She slept.

It snows.

Selain itu ada kata kerja intranstif yang hanya satu kata saja akan tetapi memiliki makna dan perintah didalamnya.

Contoh;

Sit

Run

Agree

Stop

Read

Bagaimana? Sudah jelaskan penjelasan tentang kata kerja transitif dan intransitif? Semangat belajar ya. Semoga bermanfaat!

Oh iya, buat kalian yang mau kasih kritik dan saran boleh banget ya. Caranya gimana? Scroll terus sampai ujung bawah ya sampai kalian ketemu “let me know what’s on your mind” kalau udah isi aja nama email terus saran dan kritik terus submit. Kritik dan saran dari kalian itu berguna banget buat aku sebagai penulis blog untuk terus belajar dan berbenah aga terus memuat konten blog yang lebih baik.





Comments


Hi, thanks for stopping by!

I'm a paragraph. Click here to add your own text and edit me. I’m a great place for you to tell a story and let your users know a little more about you.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
bottom of page