top of page

Berbedaan future continuous tense dan past future continuous tense



Kak, kalo mau ngomong,”kemarin dia mau kasih uang jika saja kamu datang”, itu pola kalimatnya kaya gimana dan tense apa yang dipakai? Terus kalau mau bilang “saya akan mengunjungi dia nanti jam 10 pagi” itu dalam Bahasa inggris kaya gimana? Aku bingung, tensesnya sama apa beda?

Hemmm, sini aku kasih tau, ya jelas beda dong hehe, kamu mau mengungkapkan kejadian yang akan terjadi kemarin dan nanti kan? Kenapa si kok beda? Karena untuk mengungkapkan kejadian di masa kemarin dan masa datang dalam Bahasa inggris itu berbeda, nah untuk membedakan itu semua maka ada yang Namanya tenses, dan dalam Bahasa inggris terdiri dari beberapa tenses. Salah satunya future tense, dan future tense sendiri terdapat beberapa bagian, seperti, future simple tense, future continuous tense, future perfect tense, future perfect continuous tense. Banyak banget ya kak? Apa tidak pusing? oh tidak dong, kenapa harus pusing? Hehehe, untuk belajar tenses itu banyak metodenya kok, salah satunya yaitu dengan sering mempraktekan. Percaya deh sama quote “practice makes perfect” kalau kita sering mempraktekan dengan cara speaking atau writing dengan sendirinya kita akan terbiasa dan lama kelamaan pasti akan bisa. Jadi buat kalian yang sedang belajar Bahasa inggris teruslah belajar dan jangan takut salah. Okay! Okay kak! Nah gitu dong baru yang Namanya anak buah, hehehe. Canda.

Kita Kembali ke pembahasan yang diatas, jadi kalau menurutku kalau mau mengungkapkan kejadian yang akan berlangsung di masa mendatang dan mengungkapkan kejadian yang akan terjadi dan berlangsung di masa lalu maka kalian bisa menggunakan future continuous tense dan past future continuous tense. Yuk kita Bahas satu-satu.


Future continuous tense

Adalah bentuk kata kerja untuk menyatakann kejadian yang sedang berlangsung pada masa atau waktu yang akan datang dengan spesifik waktu.

Rumus

Subject + shall/will + be + verb + ing

Contoh

+ she will be going at 10 pm.

- she will not be going at 10 pm.

? will she be going at 10 pm?

+ we shall be visiting our mother on Thursday

- we shall not be visiting our mother on Thursday

? shall we be visiting our mother on Thursday?


fungsi dari future continuous tense adalah untuk mengekspresikan atau menjelaskan jedian yang akan datang dengan keterangan yang lebih spesifik dan selain itu untuk mengungkapkan kejadian mana yang akan sedang terjadi dimasa yang akan datang selain kejadian lain yang juga terjadi dimasa datang.

Gimana? Untuk future continuous tense sudah bisa dipahami kan? Kalau sudah ayo kita lanjut untuk bahas tense yang selanjutnya.


Past future continuous tense

Adalah tense yang digunakan untuk untuk mengungkapkan kejadian yang direncanakan, dijanjikan, atau suatu yang dirapkan yang akan terjadi dimasa lampau akan tetapi tidak terjadi, bisa juga untuk mengungkapkan kondisi dimana hanya sebatas pengandaian dan tidak terjadi atau kebalikan dari fakta.

Memang sih, agak sedikit rumit untuk tenses ini, biar paham yuk kita pelajari Bersama-sama.

Rumus

Subject + should/would + be + verb + ing

Contoh

+ they would be preparing the vacation if they didn’t have an accident.

- they wouldn’t be preparing the vacation if they didn’t have an accident.

? would they be preparing the vacation if they didn’t have an accident?

+ I should be following English course yesterday but I was too tired.

- I shouldn’t be following English course yesterday but I was too tired.

? should I be following english course yesterday? But I was too tired.


Fungsi dari past future continuous adalah untuk menyatakan kejadian di masa lampau selain itu juga untuk mengungkapkan ekspektasi atau prediksi yang akan terjadi dimasa lampau dan mengungkapkan indirect speech dari future continuous tense. Nah loh, apa itu direct dan indirect speech? Nanti ya kita Bahas di konten blog selanjutnya.


Okay kayaknya penjelasan aku sudah cukup, Semoga tulisan aku mudah dipahamai dan jangan lupa terus dan rajin belajar ya! Salam sehat semuanya. Jangan lupa kalau ada kritik dan saran atau mau tanya seputar Bahasa inggris boleh banget kok.

Semangat belajar!!!


Comments


Hi, thanks for stopping by!

I'm a paragraph. Click here to add your own text and edit me. I’m a great place for you to tell a story and let your users know a little more about you.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
bottom of page