top of page

APA BEDANYA SIMPLE PRESENT TENSE DAN SIMPLE PAST TENSE?



Kalo aku ngomong “she calls me yesterday night” itu bener apa salah? Kalau “my mother always cooked for dinner” hemmm bener apa salah ya? Iya itu salah, terus yang benar kaya gimana? okay, aku kasih tahu, simak dibawah ini ya.

jadi, pengertan dari Simple present tense adalah tense yang digunakan untuk kebiasaan, fakta, atau kebenaran mutlak selain itu simple present tense digunakan untuk masa sekarang. Sedangkan simple past tense adalah tense yang digunakan untuk mengungkapkan atau menjelaskan kejadian yang telah terjadi dan telah berakhir di masa lalu.

Rumus dan contoh:

Simple presentense

Rumus : Subject + verb1(s/es)

Contoh

+ She brings a book

- she does not bring a book

? does she bring a book?

+ you can call me to night

- you can not call me to night

? can you call me to night?

+ an eagle flies around the three

- an eagle does not fly around the three

? does an eagle fly around the three?

Kok itu ada ada yang ditambah s dan es di belakang verb? nah, karena dalam Bahasa inggris untuk simple present khusus untuk subjeknya orang ketiga (she, he, it) maka ditambahkan verb ditambah s, sedangkan untuk es itu khusus untuk verb yang subjeknya orang ketiga (she, he, it) akan tetapi verbnya berakhiran dengan huruf y. penambahan s dan es juga digunakan untuk plural subjek, contohnya a book adalah bentuk singular, maka dalam bentuk plural nya menjadi books, a thief menjadi thieves.


Simple past tense

Rumus: Subject + verb2

Contoh

+ she called me yesterday

- she did not call me yesterday

? did she call me yesterday?

+ my mam bought me a new mobile phone

- my mam did not buy me a new mobile phone

? did my mam buy me a new mobile phone?

+ she was beautiful when she was alive

- she was not beautiful when she was alive

? was she beautiful when she was alive?

Ingat ya, untuk simple past tense jika depannya adalah verb2 maka setelahnya harus verb1 contohnya she did not buy a new novel, did adalah verb2 dari do sedangkan buy adalah verb1. I did love him, did adalah verb2 sedangkan love adalah verb1.


Gimana? sudah jelaskan apa perbedaan simple present tense dan simple past tense?, semoga setelah kalian membaca ini tidak bingung dan salah salah lagi ya, dan jangan lupa terus belajar. Semangat!.

Okay sekian dulu ya, semoga bermanfaat. Salam sehat!.



Comments


Hi, thanks for stopping by!

I'm a paragraph. Click here to add your own text and edit me. I’m a great place for you to tell a story and let your users know a little more about you.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
bottom of page